Burung cendet atau pentet dikenal sebagai burung yang mempunyai suara lantang dan variasi lagu yang banyak. Mental tarung yang sangat berani ketika dilombakan. Sangat agresif. Hal - hal tersebut merupakan karakter dasar burung pentet. Tentu sangat beguna sekali ketika pemilik burung pentet atau cendet mengetahui karakter burungnya.
Dari sekian banyak cara dalam mengetahui karakter pentet. dari kebiasaan sehari - hari, katuranggan dan lain sebagainya. Karakter pentet bisa dilihat dari bentuk ekornya. Dengan memperhatukan pola ekor dapat menentukan karakternya walaupun masih berkaitan dengan faktor lain.

Selama ini, cendet mania lebih sering memelihara burung yang masih bahan, kemudian dilatih dan dipoles sehingga menjadi burung berkualitas lomba. Namun seringkali hasilnya justru di luar perkiraan. Cendet yang dipeliharanya malah menunjukkan sifat dan karakter yang membuat jengkel pemiliknya.

Polah cendet yang demikian sebenarnya sudah bisa ditebak dalam kesehariannya. Sebab, secara umum, cendet yang rajin bunyi namun banyak ulah atau tingkah saat di rumah justru tak mau nampil dengan baik di lapangan. Sebaliknya, burung yang cenderung berpembawaan tenang ketika di rumah justru menunjukkan hasil memuaskan saat berada di lapangan.

Bagi yang sudah berpengalaman, memilih dan mengenali karakter cendet bisa dilakukan dengan memperhatikan bentuk fisiknya, terutama ukuran tubuh dan bentuk ekor cendet. Misalnya, cendet dengan bentuk tubuh bulat gemuk namun ekornya mengembang, biasanya tidak akan cocok dibawa ke lapangan.

Adapun cendet yang postur tubuhnya panjang dan langsing, bentuk ekor saling menumpuk menyatu (membentuk angka satu), lebih mudah dibina untuk tampil lebih sangar di lapangan.

Kalau kita perhatikan selama ini, cendet yang memiliki bentuk ekor rapi dan saling menyatu itu biasanya memiliki karakter dan pembawaan tenang. Burung dengan kondisi seperti itulah yang bisa tampil bagus ketika dilombakan.

Semoga Bermanfaat untuk Sobat Rumah Paksi