Salam Sobat Rumah Paksi. Burung cendet dikenal sebagai burung fighter yang sangat menyukai panas. Kicauan indah burung pentet bisa terhalang ketika memasuki musim hujan. Burung pentet sangat mudah drop ketika memasuki cuaca dingin dan mendengar suara rintikan hujan. Pentet atau cendet bisa manjadi manja jika salah dalam merawatnya. Tentu Sobat Rumah Paksi tidak mau mengalami mengalami masalah tersebut. Mari simak perawatan ekstra cendet atau pentet saat memasuki musim penghujan

Ada beberapa metode perawatan cendet yang bisa kita lakukan di saat musim hujan, antara lain sebagai berikut:

Jemur selagi panas
Saat musim hujan, sinar matahari sangat langka. Karena langit hampir selalu tertutupi awan mendung. Nah untuk menyiasati itu, jemur cendet jika ada sinar matahai. Waktu 30-60 menit sudah cukup bermanfaat bagi cendet di musim hujan.

Berikan jahe
Jahe adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, tak hanya manusia saja yang merasakan manfaat dari jahe. Semua hewan pun juga bisa marasakan manfaat tanaman ini termasuk untuk burung cendet dan jenis burung ocehan lainnya. Khusus untuk burung cendet. Jahe mampu menjaga suhu tubuh cendet tetap hangat. Jahe juga bisa mengontrol kadar lemak dalam tubuh cendet. Saat musim hujan, cendet cenderung diam dan pasif, artinya jarang sekali melakukan aktifitas seperti sebelum musim hujan, namun porsi makannya menjadi lebih banyak. Agar tidak kegemukan, anda bisa memberika jahe. Caranya dengan memasukkan potongan jahe yang dipotong kecil-kecil ke dalam perut jangkrik. Lalu berikan jangkrik tersebut pada cendet. Jika cendet makan jangkrik tersebut, berarti cendet juga makan jahenya. Jahe bisa menjaga suhu ubuh cendet agar tetap hangat selain itu cendet bisa langsing dan tidak kegemukan.

Berikan Ulat Hongkong
Ulat Hongkong (UH) bisa anda berikan pada cendet di musim hujan. Anda bisa memberikan UH pada cendet setiap pagi dan sore. Misalnya pagi 2 ekor, dan sore 2 ekor lagi. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan untuk cendet. Misalnya dengan daging ayam mentah. Potong-potong daging ayam mentah sebesar jangkrik. Lalu berikan pada cendet anda.

Hangatkan cendet
Berikan kehangatan pada cendet saat musim hujan atau cuaca dingin, dengan tujuan agar cendet tidak mudah drop di musim dingin. Caranya, anda bisa memberikan memberikan lampu bohlam 5 watt di atas sangkar cendet. Ini bisa menjaga suhu tubuh cendet tetap hangat sehingga meminimalkan kondisi tubuh cendet agar tidak mudah drop. Atau bisa juga dengan mengerodong cendet saat pagi, sore, atau saat hujan turun. Kerodong sangat baik untuk menjaga kehangatan tubuh cendet.

Masukkan cendet saat turun hujan
Saat hujan turun, anda bisa memasukkan cendet ke dalam ruangan atau rumah. Karena cendet sangat mudah stress meskipun mendengar suara hujan turun, bahkan mendengar suara air hujan yang jatuh di genteng atu seng. Jangan lupa kerodong sangkar cendet agar penghuni dalam sangkar tetap hangat.

Berikan multivitamin
Multivitamin harus anda siapkan dalam segala situasi, apalagi musim hujan. Karena semua jenis burung termasuk cendet sangat mudah sakit dan drop saat musim hujan. Anda bisa memberikan multivitamin secara rutin.

Semoga bermanfaat untuk sobat Rumah Paksi